Rekatkan Hubungan Dengan Pasangan Di Bulan Ramadhan

 

Ramadhan adalah bulan ibadah. Dimana Allah taburkan pahala berlimpah agar mudah dipanen oleh setiap muslim yang beribadah. Dengan amal yang sama, Allah lipatgandakan ganjarannya dibandingkan pada bulan-bulan lain.

Namun bukan sebuah kesalahan, bahkan bisa menjadi amal kebaikan bila bulan Ramadhan juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk semakin merekatkan hubungan dengan pasangan. Barangkali tidak sedikit pasangan yang sulit untuk mencari momen kebersamaan di sebelas bulan yang lain, Ramadhan bisa jadi kesempatan untuk memperbaiki hubungan, saling memahami, sampai ajang rendezvous ulang dengan pasangan.

Kita percaya Allah akan memudahkan segala urusan kebaikan hamba-hambaNya di bulan agung ini. Maka manfaatkanlah bulan mulia ini untuk menjadikan pernikahan kita lebih barakah lagi. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dikerjakan:



Top 10 Best Sellers In Best Sellers In Grocery Reviewer 2017
Top 10 Best Sellers In Best Sellers In Grocery
Best Sellers In Grocery


មានលក់មួយ Account Adsense khmer, US
មានទទួលធ្វើ Facebook page like តាមកម្មង់
ពិចារណាការកប្រាក់ Online រឺ MMO Khmer

1.  Belajar memaafkan. Bulan Ramadhan bulan dimana Allah SWT. lebih bermurah hati memberikan ampunan atas kesalahan hamba-hambaNya. Namun ampunan Allah tak akan terjadi bila kesalahan kita pada sesama manusia, termasuk pada pasangan tidak terlebih dulu kita perbaiki. Firman Allah:

dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (TQS. An-Nur: 22).

Cobalah untuk mengingat-ingat kesalahan sikap dan tutur kata kita pada pasangan. Lalu genggam jemari tangannya, rengkuh bahunya, dan mintalah maaf agar Allah melimpahkan maghfirah di bulan mulia ini.

2.  Asah kepedulian. Ramadhan juga bulan kesibukan, terutama istri yang menyiapkan hidangan berbuka dan sahur bagi suami dan anak-anak. Karenanya, para suami, asahlah kepekaan dan kepedulian. Bantu istri dalam kesibukannya. Mulai dengan hal-hal kecil seperti membawakan makanan ke meja makan, membereskan bekas sahur atau berbuka, atau membelikan hidangan sahur atau berbuka.

Pernikahan itu akan semakin terasa kebersamaannya manakala kita memberikan kepedulian pada pasangan, bahkan untuk hal-hal kecil.

3.  Buka bersama. Para suami, meskipun Anda tetap bekerja di bulan Ramadhan, bahkan mungkin jarak tempuh kantor ke rumah cukup jauh, tapi usahakanlah sesering mungkin untuk buka bersama istri dan anak-anak di rumah. Ketika pekerjaan di kantor telah usai, maka bergegaslah untuk merayakan ifthar bersama orang-orang tercinta meski tak bisa setiap hari. Anak-anak dan istri akan bahagia bila Anda hadir dalam agenda buka puasa bersama di rumah.

4.  Ibadah bersama. Carilah tempat tarawih yang menyenangkan bagi Anda dan pasangan. Nikmati momen mulai dari perjalanan menuju mesjid hingga nanti kembali ke rumah. Allah merahmati pasangan suami istri yang giat beribadah dan beramal soleh.

5.  Kendalikan emosi. Puasa adalah separuh kesabaran, dan orang yang berpuasa diminta untuk tidak mudah emosi dan berkata keji. Ah, berapa banyak suami-istri enteng lidah melontarkan amarah dan perkataan kasar pada pasangan. Sungguh ini bukanlah pasangan yang terbaik.

Di bulan kesabaran ini, Allah meminta kita untuk berlatih mengendalikan amarah dan perkataan. Para istri, belajarlah bersabar menghadapi kekurangan suami. Dan para suami belajarlah untuk memberikan respek pada istri dan tidak mudah marah. Insya Allah, pintu surga Allah buka bagi mereka yang tidak mudah marah.

6. Berdoa untuk kebaikan bersama. Bulan Ramadhan juga bulan dimana doa mereka yang berpuasa cepat dikabulkan oleh Allah SWT. So, perbanyaklah doa untuk kebaikan dan keberkahan pernikahan kita. Mohonkan pada Allah membuat cinta yang telah tumbuh sejak awal pernikahan semakin merekah dan langgeng hingga ke dalam jannahNya kelak. Minta juga kepadaNya agar Allah menghilangkan perselisihan antara kita dengan pasangan, diberikan jalan keluar manakala ada persoalan, dan diberikan keturunan yang soleh dan solehah sebagai penjaga agama.

Incoming search terms:

  • istri soleha tumblr
  • pasangan muslim dan muslimah
  • pasangan muslim dan muslimah tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *